Beban Tas Terlalu Berat Pangkal Sakit

Seperti umumnya orang yang mempunyai banyak kesibukan diluar tempat tinggal, umumnya kita juga akan membawa tas berat sehari-hari. Walau sebenarnya, rutinitas ini menyebabkan banyak problem kesehatan.

 

Beban Tas Terlalu Berat Pangkal Sakit
Beban Tas Terlalu Berat Pangkal Sakit

Menurut riset, rata-rata orang membawa tas dengan beban sekitaran 2, 7 kg, bahkan juga lebih. Tas keseharian itu seperti ” almari jalan ” karna kita dapat temukan tas make-up, baju ganti, charger, buku, sampai botol air minum, di dalamnya.

Menurut Dr. Sabrina Strickland, dokter bedah orthopedi di New York, rutinitas membawa tas berat di satu bagian pundak bisa buat tulang punggung melengkung.

” Waktu membawa tas berat di pundak, pasti kita juga akan menambah pundak sedikit atau menyeimbangkan dengan bagian pundak satunya supaya tasnya tidak jatuh. Semakin lama kita membawa tas itu, semakin melengkung tulang belakang, ” kata Strickland.

Bentuk tulang belakang yang tidak cocok postur itu juga akan mengakibatkan nyeri di punggung, leher, pundak, otot, persendian serta jadi memperburuk problem pada sendi yang telah lebih dahulu ada.

Pada anak-anak, hal semacam ini bahkan juga dapat mengakibatkan skoliosis atau perkembangan tulang belakang melengkung. Riset th. 2013 juga menyimpulkan kalau rutinitas membawa tas berat di satu bagian juga akan merubah langkah jalan.

Kenali bagaimana caranya sehat membawa tas :

– Bawa dua tas
Bawa tas itu semasing di setiap pundak untuk menghindar tidak seimbangan desakan. Menurut Strickland, isi tas yang dibagi rata ke dua tempat lebih dianjurkan.

– Kurangi beban
Baiknya beban tas kita tidak bisa lebih dari 10 % dari bobot badan. Ini bermakna bila berat tubuh Kamu 60 kg jadi janganlah membawa tas dengan beban lebih dari 6 kg. ” Bila bebannya telah menjangkau 3 kg, tambah baik dibagi dua, ” tuturnya.

– Ganti tas
Tas ransel yaitu pilihan paling baik karna lebih ergonomi. Tas selempang juga tambah baik daripada tas pundak, namun tetaplah dapat mengakibatkan otot leher tegang. Bila Kamu lebih sukai membawa tas pundak, ganti bagian pundak tiap-tiap sekian waktu.

– Perkuat sisi batang badan
Bila kita mempunyai sisi batang badan yang kuat, jadi walau membawa tas cukup berat problem pada otot serta persendian relatif lebih enteng. Kerjakan latihan-latihan yang konsentrasi di bagian batang badan, umpamanya sit up, plank, atau pergerakan punggung, waktu olahraga.

Sumber : hargatas.web.id

Leave a Comment