Beberapa manfaat lidah buaya yang perlu kita tahu

Lidah buaya adalah jenis tumbuhan yang dapat kita temui dipakaranag rumah atau diteras2 rumah. Ya karena tananam ini tergolong jenis tanaman hias, sehingga banyak ditanam masyakarat didalam pot dan diataruh diteras teras rumah. Namun bukan hanya sebagai tanaman hias saja, ternyata lidah buaya juga sudah banyak dibudidayakan dan digunakan untuk bahan baku industri farmasi dan bahan baku pembuatan kosmetik. Selain itu , lidah buaya juga digunakan untuk bahan makanan dan minuman. Hasil penelitian menyebutkan bahwa lidah buaya mengandung zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida serta zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Dan berikut beberapa manfaat lidah buaya.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Penyembuhan luka

Lidah buaya dipercaya dapat memberikan rasa tenang ketika dioleskan pada luka kulit, seperti luka karena jatuh, atau luka karena tergores. Ketika anda mendapatkan luka, cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya pada luka yang anda alami. Rasa dingin dan lembab dapat membuat rasa sakit pada luka anda berkurang.

Kesehatan kulit kepala dan rambut

University of Hawaii melakukan penelitian pada pada lidah buaya dan menemukan bahwa lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tetap sehat. Selain itu enzim proteolitik pada lidah buaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkannya sulit tumbuh, untuk itu penggunaan lidah buaya yang secara langsung dioleskan pada kulit kepala dapat membantu menyuburkan dan menyehatkan rambut.

Perawatan kulit

Tahukah anda bahwa lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk meredakan luka pada kulit, ternyata lidah buaya juga dapat kita jadikan sebagai masker wajah. Bahan alami lain yang dapat kita pilih untuk campuran lidah buaya adalah temulawak, seperti yang kita ketahui bahwa manfaat temulawak untuk wajah sangat banyak, sehingga cocok kita kombinasikan dengan lidah buaya untuk dijadikan sebagai masker untuk wajah.

Tahukah anda bahwa kedua bahan ini sering digunakan untuk bahan dasar pembuatan kosmetik kecantikan, seperti, sabun temulawak, cream temulawak dan beberapa kosmetik lainya yang memanfaatkan kedua bahan ini sebagai bahan dasarnya. Dan jika anda ingin mencoba membuat masker lidah buaya dan temulawak caranya cukup mudah. Pertama tumbuk temulawak sampai halus kemudian campurkan dengan gel lidah buaya. Setelah itu oleskan pada wajah anda secukupnya, diamkan kurang lebih selama 20 menit, dan setelah 20 menit berselang cuci wajah dengan air hangat. Gunakan masker wajah alami ini 1-2 kali dalam seminggu, dan rasakan perbedaanya setelah. 1 bulan.

Itulah sedikit informasi singkat mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan perawatan masalah kulit, semoga informasi diatas bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan kita.

Leave a Comment