Berkarir Di Dunia Penerbangan

Berkarir di dunia penerbangan tak harus menjadi pilot ataupun pramugari. Banyak pekerjaan bergengsi di dunia penerbangan selain pilot dan pramugari, seperti juru parkir pesawat atau marshaller, teknisi avionik, pilot darat atau flight operations officer dan masih banyak lagi. Pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian khusus. Misalnya juru parkir pesawat atau marshaller. Tugas marshaller adalah memberikan komando kepada pilot untuk memarkirkan pesawatnya saat pesawat sudah mendarat dan masuk landasan parkir. Marshaller tidak sama dengan tukang parkir biasa. Seorang marshaller membutuhkan pendidikan khusus. Untuk menjadi seorang marshaller, perlu ada ijin berupa aircraft marhsalling license. Ijin itu dikeluarkan oleh otoritas penerbangan sipil di Indonesia. Cara mendapatkan ijin aircraft marshaliing license adalah dengan mengikuti tes tulis dan tes fisik. Tentunya ijin ini hanya berlaku untuk para lulusan program studi marshalling. Program studi marshalling masuk dalam jurusan keselamatan penerbangan. Salah satu sekolah tinggi penerbangan yang membuka program studi marshalling adalah sekolah tinggi penerbangan negeri yang ada di Surabaya, yaitu Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya.

Air Traffic Controller, Pemandu Lalu Lintas Udara

Profesi lain yang tak kalah menarik di dunia penerbangan adalah pengatur lalu lintas udara atau Air Traffic Controller (ATC). ATC memiliki wewenang mengatur lalu lintas pesawat terbang untuk mencegah agar pesawat terbang yang satu dengan yang lain tidak terlalu berdekatan dan akhirnya menyebabkan tabrakan di udara. Untuk menjadi petugas ATC, seseorang harus mengikuti pendidikan khusus yaitu Diploma III Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU). Jurusan ini tersedia di salah satu sekolah penerbangan negeri, yaitu sekolah tinggi penerbangan medan (ATKP Medan).

Industri penerbangan tentu tak hanya membutuhkan pilot dan pramugara/pramugari. Industri penerbangan juga butuh lulusan jurusan lain, seperti manajemen transportasi udara. Jurusan manajemen transportasi udara dibutuhkan dimana saja, seperti Perusahaan Pengelola Bandar Udara, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Jasa Cargo Udara. Anda yang tertarik mengambil jurusan manajemen transportasi udara bisa memilih untuk menempuh pendidikan di sekolah tinggi penerbangan jogja (STTKD Yogya) dan sekolah tinggi penerbangan Jakarta (STP Aviasi Jakarta). Bagaimana? Apakah anda masih tertarik berkarir di dunia penerbangan?

Leave a Comment