Berbagai Tips Budidaya Walet Rumah Yang Berkualitas Tinggi

Sekarang ini semakin banyak saja orang yang berminat untuk budidaya walet rumah karena memang harga sarang burung walet yang begitu tinggi sehingga masyarakat melihat usaha ini merupakan usaha yang lumayan menggiurkan. Membudidayakan burung wallet memang susah-susah gampang, kita perlu untuk menyediakan bangunan yang cocok agar burung wallet bisa nyaman dan mau untuk membuat sarang dibangunan yang dibuat. Burung wallet memang ada yang berada di gua tetapi juga tidak sedikit yang suka membuat sarang di rumah-rumah. Burung wallet memang unik dalam membuat sarangnya yaitu bahan dasar yang dibuat adalah dengan menggunakan air liurnya. Biasanya kebanyakan burung-burung itu membuat sarangnya dri rerumputan atau daun-daun kering tetapi untuk burung wallet memiliki cara yang berbeda. Tetapi jenis sarang burung wallet juga bermacam-macam tergantung jenis burung walet yang menghasilkannya. Ada juga jenis burung wallet yang membuat sarangnya tidak hanya dengan air liurnya tetapi juga dicmpur dengan tubuh-tumbuhan, lumut dan bahkan ada yang menggunakan darah yang sangat langka dan memiliki harga yang paling mahal.

Meskipun budidaya walet rumah tidak begitu sulit tetapi tetap saja ada beberapa hal yang memang harus dipahami oleh para petani atau pembudidaya burung walet supaya sarang burung walet yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi sehingga sebelum anda berkecimpung didunia ini maka sangat diperlukan pemahaman yang tinggi mengenai bisnis budidaya ini karena pada awalnya akan memerlukan modal yang besar. Berikut ini merupkan berbagai tips yang dapat bermnfaat bagi anda untuk menghasilkan sarang walet yang berkulitas tinggi dan sukses dalam budidaya walet :

budidaya walet rumah

•Untuk membudidaya burung walet maka tentunya tidak diperlukan bibit walet seperti membudidaya jenis hewan ternak lainnya karena biasnaya cara yang pertama adalah dengan mendatangkan burung walet dewasa. Burung walet ini memang tergolong jenis burung yang hidupnya liar sehingga anda harus memiliki pemahaman yang cukup dalam cara mendatangkan burung walet.

•Walet pada dasarnya hidup di alam bebas maka anda harus menentukan lokasi dan ketinggian bangunan yang tepat untuk bisa memancing walet yang datang dari daerah pantai atau dataran manapun sehingga bangunan yang anda telah bangun dengan menghabiskan biya besar tidak percuma dan tetap kosong karena walet enggan datang dan bersarang.

•Untuk pakan burung walet memang masih sangat penting meskipun pada dasaranya burung walet dapat mencari makanannya sendiri. Tetapi ketika musim kemarau tentu untuk mencari makanan akan jauh lebih susah sehingga untuk menjaga kesehatan burung dan kualitas sarang yang dihasilkan tentunya anda peru memberikan makanan tambahan untuk burung walet.

Bisnis budidaya walet rumah yang di lakukan pengusaha dina-n-brian memang sangat menjanjikan meskipun pada awalnya diperlukan modal yang cukup besar untuk membangun tempat wallet bersarang dan kebutuhan lain tetapi setelah itu anda hanya perlu melakukan pengawasan saja dan memastikan burung walet tetap nyaman untuk membuat sarang dibangunan yang anda miliki. Karena budidaya burung walet anda tidak perlu untuk melakukan perawatan intensif yang tentunya memerlukan banyak biaya sehingga akan menekan budget pengeluaran dalam bisnis anda.

Leave a Comment